Skip to main content

Contoh Surat Pengunduran Diri Terbaru

 


Ketika seorang karyawan hendak mengundurkan diri, biasanya pihak perusahaan mewajibkan karyawan tersebut untuk menyampaikan surat pengunduran diri. Surat yang telah diberikan waktu satu bulan untuk diserahkan harus ditulis dengan rapi dan terstruktur dengan baik.

Biasanya di dalam surat akan dicantumkan alasan mengapa orang tersebut memutuskan mengundurkan diri atau mengundurkan diri. Seperti surat formal lainnya, surat pengunduran diri harus ditulis dengan baik dan benar agar terlihat profesional. Umumnya, beberapa perusahaan sudah memiliki format tersendiri untuk menyampaikan surat ini, namun ada pula yang belum. Untuk itu, yuk cari tahu format dan contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan pada penjelasan di bawah ini!

 

Mengapa Penting Sekali Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Sopan?

Sebenarnya kenapa Anda diminta menulis surat pengunduran diri yang baik dan sopan? Untuk mengetahui alasan di balik pentingnya menulis, mari simak penjelasan berikut ini:

1. Bersikap formal dan profesional
Dalam dunia kerja, bersikap profesional terhadap rekan kerja adalah sebuah keharusan. Profesionalisme di sini merujuk pada sikap pegawai terhadap tugasnya ketika menjalankan tugasnya.

Perpisahan secara formal juga merupakan penghormatan terhadap atasan dan rekan kerja. Dengan cara ini, Anda akan meninggalkan kesan yang baik pada perusahaan bahwa Anda telah bekerja keras selama bekerja di perusahaan tersebut.

2. Menginformasikan kepada perusahaan untuk mencari penggantinya
Ketika Anda keluar dari suatu perusahaan, tentu perusahaan tersebut perlu mencari pengganti baru untuk mengisi kekosongan posisi sebelumnya. Tentu saja, untuk mencari penggantinya, perusahaan memerlukan waktu untuk mengkualifikasi kandidat potensial dengan tepat.

Oleh karena itu, penting untuk menyerahkan surat pengunduran diri Anda ke Pengembangan Sumber Daya Manusia setidaknya satu hingga dua bulan sebelum Anda meninggalkan pekerjaan. Dengan surat ini, HRD bisa memahami motivasi Anda ingin keluar dari perusahaan dan mulai bersiap mencari kandidat baru.

format surat pengunduran diri

Sebelum Anda mengajukan lamaran ke bagian sumber daya manusia perusahaan Anda, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu format surat pengunduran diri Anda. Berikut format penulisan surat pengunduran diri yang benar:

1. Kop surat
Sama seperti surat lainnya, jangan tinggalkan headernya. Informasi lain yang perlu dicantumkan adalah tanggal surat ditulis, nama penerima, dan alamat yang dituju. Dengan cara ini pesan tidak terkirim ke alamat tujuan pengiriman yang salah. Untuk menghindari kesalahan pemformatan, pelajari terlebih dahulu aturan penulisan alamat surat yang benar.

2. Substansi atau isi surat
Bagian kedua adalah inti dari penulisan pesan Anda, karena berisi rincian tentang tujuan Anda. Bahasa yang digunakan dalam isi surat sederhana dan efektif. Dengan kata lain, hindari bahasa kiasan atau kalimat yang panjang.

Selain itu, sampaikan alasan inti pengunduran diri secara langsung dalam Bahasa Indonesia yang sopan. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan kata maaf terlebih dahulu saat mengungkapkan niat Anda untuk mengundurkan diri.

3. Surat lamaran
Sebagai penutup, Anda perlu menulis ucapan terima kasih dan mungkin ingin melanjutkan hubungan baik dan kerja sama dengan perusahaan.

Lengkapi surat dengan menuliskan salam, tanda tangan dan nama lengkap di akhir.


Contoh Surat Pengunduran diri yang Baik dan sopan

berikut ini kami telah membuat contoh surat pengunduran diri yang baik dan sopan yang juga sudah membuatkan versi Doc/ Word nya jadi tinggal editing saja


DOWNLOAD


Demikian contoh surat pengunduran diri yang baik dan benar. apabila link download mati silahkan tinggalkan komentar dibawah ya agar link segera diperbaiki. mudah mudahan artikel ini membantu bagi rekan rekan sekalian.

Comments